Rabu, 17 November 2010

Google Adwords


GoogleAdwords adalah produk periklanan yang menjadi sumber penghasilan utama Googl.  AdWords memungkinkan para pemasang iklan menengah ke bawah untuk beriklan di internet. Konsep iklan yang diterapkan meliputi sistem pay-per-click (PPC) atau bayar setiap kali diklik dan beriklan di situs-situs sasaran, baik dalam format teks maupun banner.

Google juga menyediakan alat (toolAdWords Website Optimizer untuk mencoba berbagai konten situs, dengan tujuan untuk memperoleh format kampanye iklan yang paling sukses. Situs resmi AdWords beralamat di http://AdWords.Google  .com.

Google Adwords merupakan program periklanan yang diselenggarakan oleh Google   untuk para produsen agar dapat mempromosikan produk atau jasanya melalui jaringan internet. Dalam program ini, Googl menawarkan mekanisme perikalanan yang unik dimana produsen berkewajiban mambayar setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung halaman web atau blog. Iklan Google Adwordsini memiliki jangkauan yang luas, dimana distribusinya tidak hanya bersifat lokal dan nasional, tetapi juga internasional. Artinya, produsen dari negara mana pun bisa mengiklankan produk atau layanan melalui Google.
1.  Tujuan Beriklan di Google AdWords
Tujuan pemasangan iklan di Google AdWords adalah untuk mencari pelanggan baru yang sedang melakukan browsing atau mencari produk di Google. Hal ini mengingat Google.com merupakan mesin pencari dengan database terbesar.

2.  Keunggulan Iklan di Google AdWords
Dengan Google AdWords, pemilik website dapat membuat iklan sendiri, memilih kata kunci yang sesuai, dan hanya membayar jika ada seseorang yang melakukan klik pada iklan tersebut. Dibandingkan dengan media iklan yang lain, Google AdWords memberikan keuntungan yang lebih menarik, selain biaya yang terjangkau.

3.  Keuntungan yang Ditawarkan Google AdWords
Iklan Google AdWords dapat dimanfaatkan bagi perusahaan berskala kecil maupun besar, karena anggaran yang harus disediakan dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing perusahaan. Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh Google AdWords sebagai berikut:

o   User dengan kualitas tinggi. Iklan akan ditampilkan kepada user yang sedang mencari dengan kata kunci yang dipasang pada iklan. Dengan demikian user yang mengunjungi situs yang dipromosikan benar-benar sedang mencari produk yang dibutuhkan.
o   Anggaran dapat dikendalikan. Biaya maksimum per klik (BPK) dan jumlah anggaran harian dapat dikendalikan. Sistem AdWords tidak akan menarik biaya lebih dari anggaran yang telah ditetapkan.
o   Memperoleh hasil maksimal dengan investasi minimal. Untuk beriklan hanya dibutuhkan biaya sebesar $5 (kurang lebih Rp 50.000,-) dan biaya perklik 5 sen dolar (Rp 600,- perklik).
o   Fleksibel. Tidak ada biaya bulanan atau biaya minimum tertentu dalam waktu tertentu.

Kelebihan program AdWords
Iklan Google AdWords memberikan kelebihan bagi para penggunanya, di antaranya:
·       Menjangkau orang yang mencari produk atau servis yang ditawarkan dalam website yang diiklankan dengan Google AdWords.
·       Pengiklan dapat memegang kontrol secara penuh terhadap anggaran.
·       Mudah membuat dan mengedit iklan.
·       Iklan dapat ditampilkan segera (dalam hitungan menit) setelah dibuat di Google AdWords.
Laporan kinerja iklan dapat digunakan untuk melihat seberapa baik promosi berjalan. Selengkapnya kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh Google AdWords adalah sebagai berikut.

1.  Kontrol yang Baik
Account Google AdWords sepenuhnya dapat disesuaikan bagi pemasang iklan manapun, seperti tercantum bi bawah ini :
o    Penagihan berdasarkan biaya per klik (BPK), jadi hanya membayar klik yang terjadi pada iklan saja, pada harga yang telah ditentukan (minimal mulai dari 5 sen USD sampai USD 50).
o    Anggaran harian ditentukan sendiri, minimal 5 sen USD.
o    Iklan dibuat dan diatur dengan target tertentu.
o    Laporan kinerja iklan/promosi langsung di dalam account.
o    Jaringan mitra iklan yang terdiri atas halaman web dan halaman promosi produk berfungsi sebagai sarana untuk menigkatkan luasnya pangsa penayangan iklan.
o    Satu iklan atau lebih ditargetkan menggunakan satu kata kunci atau lebih.

2.      Sukses
Kesuksesan program Adwords dibangun dari kesuksesan para pengiklannya sehingga program akan selalu dikembangkan menjadi lebih baik dan dapat menarik prospek-prospek yang bermutu dengan biaya yang paling efektif. Disediakan perkiraan biaya dan alat-alat yang dapat membantu untuk mengontrol biaya.

3.  Support
Telah disediakan media untuk membantu (pusat bantuan) bagi para pengguna iklan Google AdWords agar pengguna dapat memaksimalkan alat-alat Bantu yang disediakan dan merasakan fleksibilitas dalam mengatur account. Pusat Bantuan ini penuh dengan informasi Google AdWords yang penting, tip-tip meningkatkan kinerja iklan, dan penjelasan langkah demi langkah bagaimana membuat dan menelola account.

4.  Metode Pembayaran
Google AdWords menyediakan cara pembayaran melalui kartu kredit, kartu debit, auto debit, dan pembayaran melalui transfer bank. Umumnya pembayaran dilakukan dengan kartu kredit yang diterima secara internasional, seperti Mastercard, Visa, dan kartu debit. Pada negara-negara tertentu yang tidak mengenal pembayaran kartu kredit, pembayaran dapat dilakukan dengan autodebit dan transfer bank. Ada dua metode pembayaran AdWords, yaitu sistem pasca bayar (postpaid) dan prabayar (prepay).

o   Metode Pasca Bayar   ( Postpaid )
Pascabayar adalah metode pembayaran yang dilakukan setelah user melakukan klik iklan Anda. Tentu saja iklan Anda harus diaktifkan atau ditayangkan terlebih dahulu. Agar iklan Anda segera ditayangkan, setelah registrasi, Anda harus segera memberikan data informasi penagihan, misalnya data kartu kredit. Saat itu Anda akan di-charge sebesar $50 sebagai biaya registrasi sehingga account Anda akan aktif dan iklan mulai ditayangkan. Setelah Anda menentukan jumlah anggaran untuk harian dan bulanan, Anda akan di-charge tiap 30 hari atau ketika batas anggaran tersebut telah tercapai.

o   Metode Prabayar   (Prepay)
Pembayaran dilakukan di muka sebelum menerima klik apapun. Setelah Anda menerima klik-klik tersebut, AdWords akan mengurangkan biayanya dari saldo prabayar Anda. Iklan Anda akan langsung jalan segera setelah AdWords menerima pembayaran dari Anda. Jika account Anda kehabisan dana, iklan tersebut akan berhenti ditayangkan sebelum Anda kembali membayar, jadi pastikan bahwa Anda selalu mengecek saldo account Anda secara teratur. Anda akan selalu diingatkan dan Google AdWords akan mengirimkan email ketika dana Anda tinggal tersisa sedikit dan ketika saldo Anda menjadi nol.


Jika anda ingin mengetahui lebih tentang bagaimana cara memasang iklan di Google Adswords atau tips dan trik mengenai Google Adwords, silakan klik link-link berikut:

0 komentar:

Posting Komentar

 
;