Rabu, 17 November 2010

Tahukah Anda Tentang Google Adsense??



Google Adsense adalah program yang dibuat oleh Google yang menampilkan iklan, maka isi dari iklan adsense tersebut biasanya adalah text link atau gambar yang commersil untuk dipasang pada sebuah website atau blog. Biasanya berupa text atau gambar yang mengandung link atau juga bisa berupa Search box atau kotak untuk pencarian. Google akan membayar pemasang setiap kali link tersebut di klik. Biasanya link atau gambar tersebut akan disesuaikan dengan isi dari website pemasang secara otomatis oleh Google. Misalnya, website pemasang Adsense berhubungan dengan ebok ada hubungannya dengan ebook.

Sekarang ini banyak sekali orang indonesia yang berbondong-bondong menggunakan cara ini untuk mencari uang, bahkan dijadikan sebagai pekerjaan atau penghasilan utama mereka. Ratusan bahkan ribuan dollar bisa mereka hasilkan setiap bulannya. Bagaimana tidak tertarik, cuma dengan modal buat website/blog trus dipasangi iklan bisa menghasilkan penghasilan yang begitu menggiurkan.
Ada beberapa macam type adsense yang disediakan oleh google adsense, yaitu :

1. Adsense for content.
Type ini merupakan type yang biasa. Ini yang paling banyak digunakan orang. Bentuknya yaitu berupa iklan yang kita akan mendapatkan dollar jika ada yang mengklik iklan tersebut dengan kata lainnya yaitu PPC (Paid Per Click). Tapi kadang-kadang kita juga bisa mendapatkan dollar setiap 1000 impression/tampil (Paid Per Impression) , tapi untuk yang ini sepertinya hanya untuk iklan2 tertentu dan dibuka di negara2 tertentu.
Contoh :





2. Adsense for search.
Yang ini bentuknya berupa "Search engine". Kita hanya akan mendapatkan bayaran bila ada orang yang melakukan pencarian melalui search engine yang kita pasang di web/blog kita dan kemudian orang tersebut mengklik pada salah satu hasil pencarian yang berupa iklan, jadi tidak semua hasil pencarian itu berupa iklan yang dibayar. Biasanya yang diberi kotak dan ada tulisannya "Ads by google"
Contoh :



3. Referrals.
Adsense Referrals bentuk sama persis dengan type "for content", cuma bedanya yaitu dari sistem perolehan dollarnya. type ini, kita akan mendapatkan bayaran jika ada yang mendaftar/mendownload/membeli/menggunakan pruduk dari iklan tersebut.

Dari semua penjelasan tersebut ada beberapa hal mengenai kelebihan dan kekurangan dari Google Adsense yang perlu kita ketahui, berikut adalah sedikit rangkuman mengenai kelebihan dan kekurangan Google Adsense: 
Kelebihan:
Mampu “memaksa” orang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang diperbolehkan untuk digunakan dalam website/blog yang dipasangi AdSense. Maklum orang biasanya kalau gak diiming-imingi sesuatu kadang males belajar hal yang baru. Tapi AdSense sepertinya berhasil membuat para blogger Indonesia mulai lancar bahasa Inggrisnya hehehe…
Membuat para desainer web dan para programmer mengenal yang namanya bisnis online, juga mempelajari hal-hal baru yang sebelumnya gak pernah terpikirkan, ilmu SEO misalnya. Saya sendiri dulu hanya berkutat di aplikasi grafis dan web editor seperti Photoshop, Flash, dll (dan lupa-lagi), baru setelah tau AdSense belajar deh yang namanya PPC, Backlick, SEO, dll.
Membuat blogger, desainer web, dan programmer web memahami bagaimana cara meningkatkan rangking, trafik, dan mendapatkan penghasilan dan sebuah website/blog. Karena untuk bisa berhasil dalam AdSense, mau gak mau harus mempelajari SEO dan ilmu lainnya.
Tentu saja AdSense meningkatkan penghasilan seseorang, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan bagi sebagian orang untuk menambah modal usahanya. Blog ini juga ada dari hasil cek AdSense pertama saya kok… :)
Kekurangan:
“Meningkatkan” mental cepat kaya yang dimiliki kebanyakan orang, sehingga kadang-kadang beragam cara yang tidak benar dilakukan, seperti click fraud, copy-paste content orang lain, dan arisan klik. Benar gak?
Karena AdSense saat ini belum mendukung penggunaan bahasa Indonesia, maka banyak publisher Indonesia menulis ide, berita, pendapat, hasil riset, serta content menarik lainnya kedalam bahasa asing, yang tentu saja akan dinikmati oleh bangsa lain. Padahal banyak netter Indonesia tidak mengerti penggunaan bahasa asing, jadi kalau keadaannya begini terus yang jadi pinter siapa hayo???
Membuat publisher nggak bisa tidur dan H2C sewaktu nunggu PIN dan cek pertama dikirim, ada yang punya pengalaman?
Metode pembayaran yang bisa kita terima saat ini cuma dengan selembar cek hijau dari CitiBank, jadi pembayaran yang diterima akan makan waktu cukup lama, apa lagi ngirimnya pake POS Indonesia walah…. Kalau sudah dapat ribuan sih gak masalah pake DHL juga beres, tapi kalau yang penghasilannya masih ratusan kan sayang juga. Jadi inget dulu waktu nungguin PIN dan cek pertama, lama bangettttttttt sampenya. Belum nyairinnya nunggu sebulan lagi… huh..
Selain kelebihan dan kekurangan, ada baiknya kita mengetahui tips dan trik mengenai Google Adsense, berikut ini adalah tips dan trik mengenai Google Adsense yang saya rangkum dari berbagai media dan situs-situs penting:

1.      Pertama-tama anda harus membuat blog dulu di blogger.com atau di wordpress.com, tapi lebih baik membuatnya di blogger.com karena lebih dapat direspon oleh Google  Adsense.
2.      Kedua, blog anda harus berbahasa inggris, ini wajib hukumnya dan sudah mutlak tak bisa di ganggu gugat, karena belum ada bahkan jarang penggunaan Google  Adsense dalam bahasa Indonesia.
3.      Ketiga, menurut pengalamanku membuat blog dengan domain ".com" lebih cepat di terima dari pada blog yg berdomain standar seperti blogspot.com atau wordpress.com. kalau anda mau membeli domain dengan pelayanan ekstra nyaman dan menyenangkan silakan kunjungi idwebhost.com.
4.       Keempat, usahakan postingan anda lebih dari 10, dan blog anda sudah di kunjungi lebih dari 100 visitor.
5.       Kelima, ini yang terakhir dan ini yang paling penting, sabar dan tetap berharap di terima sama Google  Adsense.

Jika anda masih belum puas dan ingin lebih mengetahui tentang Google Adsense, klik  disini Google Adsense

0 komentar:

Posting Komentar

 
;