Jumat, 05 November 2010 0 komentar

5 Tips Beriklan di Google Adwords

Kali ini saya akan berbagi tips sederhana untuk Anda yang sudah mulai mempraktekkan panduan yang ada di blog ini menggunakan google adwords.
Google Adwords adalah salah satu layanan promosi PPC (Pay Per Click).
Google Adwords akan sangat berguna bila anda menginginkan trafik untuk website anda atau untuk mengiklankan produk atau jasa yang Anda jual di website anda.
Google Adwords adalah salah satu layanan PPC yang terpercaya.
Selain Google Adwords, PPC lain yang cukup populer adalah yahoo marketing, 7search.com, dan sebagainya.
Secara umum, dengan beriklan di Google Adwords, iklan anda akan ditampilkan di 2 sasaran penempatan:
1. Search network / search engine result page (PAGE) atau di halaman hasil pencarian Google. Perhatikan contoh gambar iklan adwords Anda yang ditempatkan di search network.
Jadi ketika ada orang yang mengetikkan kata kunci tertentu di menu search pada jaringan google, dan kata kunci tersebut berkaitan dengan iklan Anda, maka om google akan menampilkan iklan Anda di sebelah kanan hasil pencarian atau halaman paling atas.
2. Content network (ditampilkan di blog atau website yang memasang iklan adsense).
Untuk sasaran nomor 2 ini, maka iklan adwords yang Anda buat akan ditampilkan di website-website/blog yang memasang iklan adsense. Dimana blog/website tersebut sangat relevan dengan iklan yang Anda buat.
Perhatikan gambar di bawah ini,
Biasanya harga penawaran/bidding kata kunci yang Anda buat ketika menembak sasaran di content network ini, lebih murah dibandingkan ketika Anda menembak sasaran di search network.
Jadi tips dari saya adalah cobalah untuk selalu melakukan TEST terhadap 2 sasaran diatas dengan membuat 2 campaign, satu khusus menembak content network dan satunya lagi di search network :)
Mengiklankan URL website anda dengan layanan PPC maksudnya berarti anda bersedia membayar untuk setiap klik iklan anda.
Melalui Google Adwords anda akan mendapat trafik dari iklan yang ditampilkan oleh Google atau oleh para pemasang adsense.
Karena biaya promosi melalui Google Adwords tidaklah gratis, alias berbayar, anda harus memperhitungkan beberapa faktor sebelum anda beriklan di Google Adwords supaya iklan anda efektif dan efisien.
Berikut adalah beberapa tips jitu beriklan di Google Adwords:
1. Website yang diiklankan berisi produk atau jasa.
Alasannya logis, bila anda beriklan di Google Adwords sementara yang anda iklankan hanya berupa blog berisi curhat kehidupan anda, bisa jadi anda hanya menghambur-hamburkan uang, atau kecuali hanya untuk mempopularitaskan blog anda saja, tanpa ada alasan untung rugi.
2. Jangan menentukan biaya perklik lebih dari yang bisa diperoleh dari Adsense.
Maksudnya, teliti keyword yang akan daftarkan untuk iklan anda di Google Adwords. Cari terlebih dahulu berapa nilai keyword tersebut.
Sebagai panduan menentukan biaya perklik, bisa anda gunakan fasilitas dari google di adwords.google.com/select/trafficestimatorsandbox.
Tools ini akan cukup membantu memberikan gambaran terhadap biaya yang akan Anda keluarkan.
3. Gunakan kata-kata yang menarik untuk iklan anda.
Ketika memasuki Google Adwords anda akan disuguhi format iklan berupa teks atau banner (image).
Dalam format teks yang disediakan, ada lima baris isian yang ada.
Yaitu, judul, deskripsi baris 1, deskripsi baris 2, URL tampilan, dan URL tujuan.
Maka gunakanlah judul yang menarik.
Kata-kata seperti “gratis”, “bebas”, “garansi” pertanyaan seperti “anda butuh….” Adalah judul-judul promosi yang terbukti efektif walaupun kedengarannya klasik.
Dalam deskripsi baris 1 dan 2, jelaskanlah secara singkat keuntungan yang akan pengunjung dapatkan sekaligus kelebihan produk atau jasa anda.
4. Sebagai latihan untuk pemula, silahkan pilihlah Indonesia sebagai target pasar anda.
Saat Google Adwords menawarkan target pelanggan (berdasarkan bahasa dan lokasi), pilihlah Indonesia sebagai targetnya.
Hal ini dikarenakan beriklan di Indonesia itu lebih murah jika dibandingkan menargetkan pelanggan di Amerika.
Mengapa?
Karena di Amerika sudah banyak saingan keyword yang anda tuju.
Di Amerika akan lebih banyak perusahaan atau orang yang berebut dan menawar kata kunci atau keyword. Terkecuali, produk dan jasa yang anda tawarkan adalah universal atau bisa ditujukan untuk siapa saja.
Tentunya dalam hal ini, saya mendorong Anda untuk mempromosikan produk/jasa yang bermanfaat untuk orang Indonesia.
Misalnya mempromosikan produk-produk fisik, jual tiket seminar, jualan ebook, kursus/coaching, dll
5. Jangan memilih beberapa kata kunci saja.
Dalam Google Adwords, agar iklan kita muncul paling teratas dalam Search Engine Results Page (SERP), google mendorong kita agar membayar bayaran paling tinggi dalam keyword yang kita tuju. Hanya saja belum menjadi dijaminbahwa bila seorang menetapkan harga per click paling tinggi, maka akan muncul teratas dalam SERP.
Maka, tips yang bisa Anda coba lakukan adalah pilihlah sebanyak mungkinkata kunci yang relevan dengan produk atau jasa anda, namun bukan kata kunci utama atau keyword yang popular.
Hal ini akan membantu anda untuk menghemat biaya dalam berpromosi di Google Adwords, namun tetap efektif.
Karena iklan anda akan sering muncul tetapi dengan harga yang murah. Untuk tips yang satu ini membutuhkan kreatifitas anda dalam memilih kata yang efektif untuk produk atau jasa yang anda tawarkan.
Latihan, belajar dan praktek terus menerus adalah kunci keberhasilan Anda.
Anda berani mencoba?
Semoga bermanfaat :thanks2
 
;