Senin, 08 November 2010

Batas Kecepatan Perekaman Data pada Hard Disk

Semua yang kita ketahui dan kita yakini mengenai perkembangan komputer adalah kinerja yang makin cepat dan makin cepat lagi. Namun para ilmuwan telah menemukan apa yang mereka sebut sebagai “speed limit” atau batas tertinggi secepat apa data bisa ditulis dalam disk.
Adapun para ilmuwan menemukan batas kecepatan itu dengan cara menembakkan elektron dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya ke sebuah material yang digunakan sebagai bahan baku hard drive komputer. Tembakan ini menghasilkan pulsa-pulsa medan magnet yang pada titik tertentu tidak mampu lagi mengubah materi dan merekam data.

Dengan adanya batasan ini, maka para pembuat hard drive harus menggunakan material baru atau metode perekaman data lain bila ia ingin melampaui batas kecepatan rekam di atas.
Batas Tertinggi
Pada dasarnya data direkam pada plat hard drive menggunakan magnetisasi berlawanan yang mewakili informasi binari 0 dan 1. Perekaman ini meliputi pengiriman pulsa elektromagnet, dimana makin cepat pulsa terkirim, makin singkat pula waktu yang dibutuhkan untuk merekam data.
Namun bila pulsa terkirim terlalu cepat dan bertubi-tubi, maka energi besar yang timbul karena peristiwa itu bakal mengubah medan magnet dan data terekam menjadi rancu, demikian penjelasan para ilmuwan dalam tulisannya di Journal Nature.
Dalam tulisan tersebut, Ioan Tudosa dan rekan-rekannya di Universitas Stanford melaporkan seberapa singkat pulsa magnetik bertahan hidup. Menggunakan akselerator linear, mereka menciptakan pulsa medan magnet pada materi hard drive yang bertahan sekitar 2,3 picosecond. Satu picosecond adalah sepersejuta dari sepersejuta detik.
Tim peneliti kemudian menemukan bahwa dalam batas kecepatan itu, perubahan pulsa magnetik tidak cukup kuat untuk bisa mengubah atau merekam data pada hard drive. Artinya, batas tercepat suatu data bisa ditulis menggunakan metode di atas adalah 435 milyarbits tiap detik. Meski begitu, batas itu masih seribu kali lebih cepat dibanding kemampuan hard drive magnetik tercanggih saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;